Youngers, guna mendukung kelancaran dan kenyamanan selama Mudik Lebaran 2017, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama para menteri dan kepala lembaga lainnya meluncurkan aplikasi Ayo Mudik.

Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi pemerintah dengan startup lokal, Kudo Digital Solutions. Peluncuran aplikasi ini akan dilaksanakan bersamaan dengan acara Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2017, Kamis (15/6/2017) di Kantor Kemenhub, Jakarta. Perancangan aplikasi ini diklaim hanya membutuhkan waktu kurang dari satu bulan.

“Kami sangat senang bisa membantu Kemkominfo dalam menciptakan aplikasi terpadu ini. Tim pengembang aplikasi kami merupakan talenta pengembang berbakat dari Indonesia dan telah mampu menciptakan aplikasi ini dalam kurun satu bulan,” kata Albert Lucius, CEO dan Co-Founder Kudo, Kamis.

Ilustrasi aplikasi Ayo Mudik

Ilustrasi aplikasi Ayo Mudik

Sejalan dengan misi Kudo untuk memajukan masyarakat Indonesia, ujar Albert, aplikasi Ayo Mudik dipersembahkan untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Sementara itu, Menkominfo Rudiantara memaparkan, content dan informasi di dalam Ayo Mudik didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk dapat menyajikan konten dan informasi terpadu.

“Beberapa di antaranya adalah Kemenhub, Kemkominfo, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian ESDM, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian Republik Indonesia, perusahaan telekomunikasi serta perusahaan penyedia jasa dan produk Internet,” tutur Rudiantara melalui keterangan resminya.