Youngers, mendengar kata foto siluet apa yang kemudian terlintas dalam pikiran? Hasil foto yang menunjukkan keindahan dengan sisi objek foto gelap sementara latar belakang warna terang, menjadi salah satu teknik foto yang digemari kebanyakan fotografer.

Menurut definisi dari wikipedia.com, siluet adalah bayangan seseorang, binatang, objek atau pemandangan yang digambarkan sebagai bentuk padat dari satu warna, biasanya hitam. Bagian dalam siluet tidak berbentuk, dan keseluruhannya biasanya dipajang di latar belakang yang terang, biasanya putih, atau tidak berwarna sama sekali.
Banyak fotografer melakukan teknik memotret siluet dengan menggunakan orang, benda atau elemen landscape sebagai objek yang melawan cahaya dalam rangka mencapai bayangan dalam siluet. Warna latar sebisa mungkin diperoleh secara alami, seperti langit yang mendung, saat kabut, matahari terbenam, atau bila memungkinkan dilakukan di studio dengan memanfaatkan cahaya artifisial.

Foto siluet adalah foto dimana objek terlihat gelap dengan latar belakang yang terang berwarna. Strategi dasar dalam mengambil gambar siluet adalah menempatkan objek atau subjek di depan sumber cahaya dengan mengatur exposure di kamera. Dalam teknik tersebut, foto siluet sangat menonjolkan bentuk utama, fokus yang adapun harus berada pada objek utama. Oleh karena itu Youngers disarankan untuk mencari objek yang menarik dan memilih karakter kuat. Bagi yang belum pernah, tak ada salahnya untuk mencoba. Menghasilkan foto siluet tak melulu harus pergi keluar dari rumah dan mencari lokasi dengan latar belakang yang telah disebutkan sebelumnya. Belajar membuat foto siluet bisa dilakukan di rumah.

Ada cara mudah membuat foto siluet dengan teknik sederhana, salah satunya dengan memanfaatkan permainan atau koleksi action figure yang dimiliki. Selain itu cukup dengan layar monitor personal computer (PC) sebagai latar belakang sekaligus sumber cahaya. Caranya yakni dengan menempatkan satu persatu objek di depan layar monitor. Sebelumnya, Youngers dapat memotret bidang kosong putih dengan sedikit over exposure supaya lebih terang yang nantinya digunakan sebagai wallpaper komputer. Kotak karton atau tumpukan buku dapat diletakan di depan layar monitor yang berfungsi sebagai panggung para action figure.

Ilustrasi foto siluet (digital-photo-secrets.com)

Ilustrasi foto siluet (digital-photo-secrets.com)

Sesuai dengan konsep foto siluet, yakni objek yang gelap dengan latar yang terang akan menjadikan hasil foto siluet semakin ciamik. Memanfaatkan sumber cahaya terang (layar monitor) sebagai background, maka action figure yang didepannya menjadi gelap (underexposure). Dengan ISO rendah dan bukaan kecil, speed dapat disesuaikan sampai subjek benar-benar gelap total dengan background putih pekat. Lalu fokuskan lensa ke subjek foto. Jika kesulitan karena backlight, dapat diubah ke mode manual fokus. Tertarik untuk mencoba, Youngers?