Fotografi memiliki berbagai macam genre. Sebagian dari penggemar fotografi pastinya sudah mengenal baik street photography atau fotografi jalanan. Hampir sama dengan fotografi jalanan, urban photography, memiliki teknik yang tidak jauh berbeda dengan foto jalanan.

Youngers, sebagian dari kalian mungkin pernah atau tertarik mengambil gambar tentang suasana perkotaan. Misalnya, foto-foto yang menampilkan objek hiruk-pikuk kota, kendaraan bermotor yang lalu lalang, maupun gemerlap lampu di jalanan perkotaan yang ditampilkan seperti jejak cahaya. Foto-foto inilah yang menggambarkan genre fotografi urban.

Fotografi urban tak sekadar menangkap objek manusia seperti yang dilakukan fotografi jalanan. Lebih dari itu, fotografi urban juga menangkap berbagai objek di perkotaan, baik surealis maupun tidak. Seperti dilansir dari salah satu situs, brighthub.com, fotografi urban juga disebut dengan cityscape photography atau fotografi lanskap perkotaan.

Fotografi urban pada prinsipnya merupakan bagian dari fotografi lanskap. Hanya, pemandangan yang ditangkap adalah objek-objek urban, di mana dibuat secara menyeluruh, baik itu objek gedung, ruang publik dan elemen-elemen lain yang memiliki estetika dan karakter sosial.

Youngers, pada fotografi urban objek yang ditangkap lensa kamera merupakan refleksi dari gaya hidup perkotaan. Kesibukan perkotaan dengan ramainya kendaraan, gedung-gedung tinggi dengan komposisi bentuk yang berbeda hingga berbagai objek unik yang bisa ditangkap oleh mata lensa.