Youngers, selama ini kita mengenal istilah screenshoot saat beraktivitas di media sosial atau pun ketika mengoperasikan smartphone. Screenshoot berfungsi sebagai fasilitas penangkap layar yang bisa dilakukan oleh smartphone jenis apa saja baik secara manual hingga hanya dengan cara mengusap layar dengan jari saja.

Jika screenshoot dengan format image sudah begitu populer di kalangan para pengguna smartphone,akhir-akhir ini muncul aktivitas yang kian populer pula yakni screen recording atau merekam layar. Aktivitas yang kekinian ini nampaknya mulai kerap dilakukan pengguna kemudian dipublish melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga Youtube.

Dengan format video, kamu tak hanya bisa meng-capture tampilan di layar smartphone-mu hanya dengan gambar saja, namun akan lebih terlihat ciamik dan tak membosankan. Biasanya, kamu para penghobi teknik komputer atau semacam penggila software bisa menggunakannya untuk melakukan suatu tutorial singkat cara kerja suatu aplikasi pada smartphone atau sekedar review aplikasi. Youngers penggila games juga bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk merekam aktivitas atau trik jitu bermain game.

Beberapa orang sebelumnya telah melakukan perekaman ini namun hanya dengan menggunakan video recording manual. Tentu saja hasilnya tak begitu memuaskan dipandang mata. Meskipun hasil akhir yang diinginkan yakni terekamnya aktivitas di smartphone, namun kualitas resolusi video tak bisa membantumu untuk mendapatkan hasil yang bagus. Kemunculan sejumlah aplikasi screen recorder yang tengah naik daun bakal memudahkan kita dalam merekam.

Lantas gimana rekomendasi aplikasi yang bisa memberikan hasil yang terbaik untuk aktivitas screen recorder-mu? Simak yuk….

1. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder yang dikembangkan oleh Hecorat ini bisa menjadi salah satu aplikasi yang kamu gunakan untuk merekam layar smartphone secara simpel dan mudah. Ketika mengunduhnya melalui Play Store, aplikasi tersebut langsung menghadirkan pop-up icon pada menu home screen-mu. Dengan menekan pop-up icon tersebut, kamu bisa dengan mudah melakukan perekaman tanpa bersusah payah membuka aplikasi AZ Screen Recorder lagi. Setelahnya, hitungan mundur akan berjalan dan langsung merekam layar smartphonemu. Tak hanya itu, beragam fitur juga bisa langsung kamu gunakan untuk memperindah video yang telah terekam. Video yang ditangkap akan memiliki kualitas HD dan FullHD, sehingga kualitas gambar bisa dipastikan akan jernih dan membuat videomu semakin berkualitas.

2. Mobizen Screen Recorder

APlikasi selanjutnya yang akan membuatmu kian eksis yakni Mobizen. Serupa dengan AZ Screen Recorder, aplikasi buatan Mobizen ini memiliki navigasi yang cukup mudah digunakan untuk merekam layar smartphone. Ketika merekam menggunakan Mobizen Screen Recorder, kamu bisa memasukkan background music yang diinginkan sehingga terkesan lebih menarik. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, smartphone Android-mu nda setidaknya memiliki OS 4.4 KitKat (no rooting). Mobizen Screen Recorder ini bisa diunduh secara gratis melalui Play Store.

lolipop screen recorder

lolipop screen recorder

3. Lollipop Screen Recorder (Rivulus)

Sesuai namanya, aplikasi ini baru bisa digunakan secara maksimal apabila smartphone Android yang digunakan telah mengoperasikan OS 5.0 ke atas (no rooting). Bedanya dengan dua aplikasi sebelumnya adalah, Lollipop Screen Recorder mengharuskan pengguna masuk ke dalam aplikasi untuk menjalankan aplikasi dengan menekan record button. Saat ini aplikasi yang dikembangkan oleh Rivulus masih belum dilengkapi pop-up icon yang mempermudah penggunaan seperti sejumlah aplikasi screen recording lainnya, jadi tetap masih ada kekureangannya Youngers.

Aplikasi ini bisa langsung diunduh secara gratis di Play Store. Dengan adanya aplikasi ini, kamu bisa memulai karier sebagai entertainer di sosial media ataupun YouTube. Kamu bisa memulainya dengan melakukan konten let’s play game-game mobile ataupun review aplikasi lainnya.